HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 100.26.179.196
Pengunjung : 306.720


Newsflash :
PROFICIAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI NASIONAL GURU SMP, SMA, SMK PENGAMPU UJUAN NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI TDC 2 SURABAYA, 26-28 NOVEMBER 2019             |                         |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU, MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA.             |                         |             PROFICIAT KEPADA TARAKANITA WILAYAH TANGERANG YANG TELAH MERAIH JUARA UMUM DALAM OSTARNAS IV DI YOGYAKARTA 13-15 NOVEMBER 2019.             |                         |             PROFICIAT KPD SMA TARAKANITA 2 JKT YG TELAH MERAIH JUARA 1 LOMBA FILM PENDEK, JUARA 1 LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT KOTA JAKARTA UTARA (AGUSTUS 2019)             |            

Berita Kegiatan :



SEMINAR SEHARI: SEKOLAH RAMAH ANAK

Sabtu; 30 November 2019 [TIM WEB, SMP TARAKANITA SOLO BARU] - Berita Umum

Pada hari ini (30/11), SMP Tarakanita Solo Baru mengadakan kegiatan seminar "parenting" bagi orang tua siswa SMP dan SD Tarakanita unit Solo Baru. Kegiatan dilaksanakan di Aula Tarakanita Solo Baru dan dimulai pukul 08.00 sampai dengan 11.30 WIB. Kegiatan seminar diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pentas Paduan Suara dari siswa SMP Tarakankita, doa, dan dilanjutkan dengan sharing pengalaman dari dr. Yusup Epsilon Dewanto, MM. Dokter Epsilon Dewanto menyampaikan beberapa point antara lain: pertama, orang tua memiliki peran sebagai pihak yang selalu mendengarkan dan memberi dukungan kepada anak didik. Orang tua diharapkan dapat menjadi teman bagi anak terutama dalam kasus-kasus tertentu, bukan menjadi boss yang selalu memerintah anak. Kedua, orang tua perlu menunjukkan sikap saling mengasihi terhadap pasangan agar anak memiliki figur yang dapat diteladan tentang budaya kasih. Ketiga, "meja makan". Berikan waktu bagi anak sekitar 15 menit setiap hari untuk dapat bercerita tentang pengalamannya  dalam menjalani kegiatannya sepanjang hari. Orang tua perlu untuk meletakkan handphone dan mendengar cerita anaknya tanpa melakukan investigasi atau intimidasi. 

KeempatOrang tua harus belajar untuk melihat segala sesuatu secara utuh dan dari berbagai sudut pandang sehingga dapat memahami pola pikir anak dalam menanggapi ataupun menghadapi suatu tantangan. Kelima, keluarga adalah garda terdepan bagi anak. pendidikan karakter yang paling pertama dan utama berasal dari keluarga inti. Sekolah adalah support system yang membantu mengantarkan, mendampingi dan mengembangkan potensi anak. Keenam,  suami dan istri perlu memiliki visi-dan misi yang sama dalam mendidik anak. Perbedaan visi dan misi justru membuat anak akan mengalami konflik. Ketujuh, pilih sekolah yang ramah bagi anak. terdapat sembilan indikator sekolah ramah anak, antara lain: sekolah memiliki kebijakan anti kekerasan, tersedia UKS, lingkungan dan infrastruktur yang mendukung proses belajar anak, budaya hidup bersih dan sehat, memberikan ruang bagi siswa untuk terlibat dalam kegiatan akademik maupun non akademik, kamar mandi yang bersih, lingkungan masyarakat yang mendukung, dan adanya pengelolaan konvensi hak anak. 

Selamat belajar dan terus memperbaharui diri bagi seluruh para orang tua ataupun pendidik di seluruh Nusantara! Salam Tarakanita!





Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :