HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.206.13.28
Pengunjung : 332.112


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



Mengajar dengan Hari


Senin; 02 December 2019 [TIM WEB, SMP TARAKANITA SOLO BARU] - Artikel Umum

“Aku selalu bermimpi

Menjadi guru yang penuh karisma

Menjadi guru yang dirindukan

Menjadi guru yang disegani

Menjadi guru yang ditaati

Menjadi guru yang ….”

 

“Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya agar memiliki spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.” (UU Sisdiknas pasal 1 ayat 1).

 

Ketika pendidikan jelas merupakan suatu usaha sadar, hati menjadi sumber dari kelangsungan dan hasil proses pendidikan. Kita ingat pesan Romo Driyarkara bahwa pendidikan pertama dan utama adalah keluarga. Dari situ kita diingatkan, kasih sayang adalah kuncinya. Pendidikan ibarat sebuah dunia yang lahir dari Rahim kasih sayang. Tantagan yang muncul adalah: “Sudahkah kita memberikan kasih sayang kita sebagai pendidik kepada anak-anak didik kita dalam proses belajar bersama? Sudahkan kita dengan rela dan rendah hati mendampingi peserta didik yang dipercayakan kepada kita?”

 

Pengenalan guru terhadap peserta didik menjadi modal yang sangat membantu proses pendewasaan. Memang mengetahui identitas dan asal-usul peserta didik sangat diperlukan. Tentu saja hal ini akan lebih optimal apabila guru juga mengenal karakter belajar dan potensi yang dimiliki peserta didik. Pengenalan yang diharapkan mutlak membutuhkan keterbukaan yang lahir dari interaksi positif antara guru dan peserta didik.

 

Kedekatan, penerimaan, keakraban, kesabaran, dan sikap positip lain adalah buah dari kasih sayang pendidik terhadap peserta didiknya. Kasih sayang yang tulus yang diungkapkan pendidik membuahkan karisma. Tidak jarang para peserta didik mengidolakan dan begitu hormat dan segan kepadanya. “Siapa menabur, dia menuai. Siapa menanam, dialah yang akan memetik hasilnya.”

 

Penghormatan, kepatuhan, motivasi belajar, kesungguhan mengerjakan tugas adalah tanggapan balik dari peserta didik dalam bentuk sikap positip. Dari tanggapan balik peserta didik, jelas tergambar bahwa belajar sudah bukanlah sebuah kewajiban atau bahkan beban. Karena motivasi yang terbangun dari dalam diri peserta didik belajar menjadi yang menantang dan mengasyikkan. Lebih lanjut lagi, keinginan untuk berprestasi pun meningkat.

 

Untuk membantu mewujudnyatakan ‘impian’ mengajar dan belajar dengan hati, perlu diingat beberapa hal sebagai berikut. Yang pertama, sekolah menjadi lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Yang kedua sekolah sebagai rumah kedua. Yang ketiga, ada kesempatan belajar bersama teman sebaya. Belajar akan efektif jika berada dalam keadaan yang menyenangkan (: tidak tertekan). Minat belajar pun dibangkitkan. Pendalaman makna dikuatkan. Keterlibatan peserta didik dalam proses belajar lebih optimal. Pemahaman dan penguasaan materi meningkat. Dengan demikian prestasi belajar pun semakin baik.

 

 

“Aku harus bisa

Menjadi guru yang penuh karisma

Menjadi guru yang dirindukan

Menjadi guru yang disegani

Menjadi guru yang ditaati

Menjadi guru yang ….”

 

 

Albertus Budi Prasetyo

SMP Tarakanita Solo Baru







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :