HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.206.13.28
Pengunjung : 332.106


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



Go Green akan mendukung Lingkungan belajar


Selasa; 17 March 2015 [TIM WEB, SMP TARAKANITA SOLO BARU] - Artikel Umum

Gerakan go green , merupakan gerakan penghijauan dan pemeliharaan lingkungan yang mendukung pelestarian lingkungan hidup. Gerakan Go Green  yang dilakukan oleh sekelompok lembaga ataupun lingkungan tertentu saja tanpa didukung oleh sebagian besar masyarakat  maka penghijauan itu sendiri sangat sedikit dampaknya dalam perubahan lingkungan kita. Polusi dimana-mana,  sangatlah penting gerakan Go Green lingkungan kita, sebagai perwujudan  kesadaran dari manusia itu sendiri untuk mengurangi polusi.

Mari kita mulai  dengan menerapkan Go Green di lingkungan terdekat kita seperti di Lingkungan Tarakanita dan rumah kita masing – masing sehingga  tempat nyaman, bersih, teduh (hijau), indah dan sehat dalam proses belajar mengajar.
Efek global warming semakin hari semakin terasa. Penghijauan merupakan cara terbaik untuk mengurangi hal tersebut. Keadaan udara kita saat ini yaitu Pemanasan global, suhu rata-rata global pada permukaan bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir terbukti semakin hari, banyak yang membicarakan tentang efek global warming seperti diantaranya suhu udara yang meningkat, perubahan cuaca ekstrim dan ketidak teraturan musim. Sepertinya kesadaran manusia akan pentingnya penghijauan sendiri sangat minim. Pada saat manusia  justru semakin sibuk untuk menambah gobal warming itu sendiri seperti, memperparah polusi udara, penggunaan CFC pada lemari Es dan AC, pembelian mobil – mobil baru  , meningkatnya jumlah penduduk dan aktifitasanya, teknologi, pemanfaat hutan yang tidak sesuai (pembalakan liar) dan perusakan lingkungan lainnya.

Banyak manfaat Go Green  jika terlaksana dengan baik yaitu sebagai berikut ;
1.Sebagai paru-paru kota dan sekolah  kita. Tanaman sebagai elemen hijau, pada pertumbuhannya menghasilkan zat asam  yang sangat diperlukan bagi makhluk hidup untuk pernapasan;
2.Sebagai pengatur lingkungan vegetasi akan menimbulkan hawa lingkungan setempat menjadi sejuk, nyaman dan segar.
3.Pencipta lingkungan hidup
4.Penyeimbangan alam merupakan pembentukan tempat-tempat hidup alam bagi satwa yang hidup di sekitarnya;
5.Perlindungan, terhadap kondisi fisik alami sekitarnya (angin kencang, terik matahari, gas atau debu-debu);
  Keindahan
7.Kesehatan
8.Rekreasi dan pendidikan
Sebenarnya Go Green bukan hanya untuk orang yang ada disekitar kita namun untuk kita sendiri juga sangat penting untuk kelangsungan hidup kita sehari hari dalam beraktivitas / kuliah dalam kita melakukan Go Green berarti kita menyediakan kehidupan bagi makhluk hidup yang di ciptakan Tuhan  yaitu hewan hewan dan tumbuhan  yang sudah hampir punah saat ini dan kita juga mnyediakan kelangsungan hidup untuk anak cucu kita kelak nanti, coba kita bayangkan jika kita tidak melakukan Go Green  apa yang terjadi dengan bumi kita ini suhu semakin panas akibat atmosfer yang menipis dikarenakan banyaknya polusi yang dihasilkan dari aktivitas manusia, tumbuhan, hutan tidak sanggup menyerap atau menetralisir polusi karena hutan tidak diurus malah hutan semakin dirusak untuk kepentingan sekelompok orang orang untuk mencari keuntungan semata, pernahkan anda membayangkan jika yang hidup di dunia ini hanya manusia saja hutan hutan habis,hewan punah yang mampu bertahan  hidup hanyalah hewan dan tumbuhan parasit saja,semoga tidak terjadi.

Untuk itu marilah kita biasakan  “Daur Ulang” sebagai salah satu cara penghijauan yang menguntungkan. Prinsip 4R menjadi bagian dari proses daur ulang tersebut. Reuse, Reduce, Recycle, and Replace. 4 hal ini yang mulai dilakukan oleh beberapa orang yang sadar akan pentingnya penghijauan. Berikut penjelasannya:
1. Reuse (Menggunakan kembali). Ada baiknya, jika kita menghindari barang-barang yang hanya bisa sekali pakai.    Meng-charge baterai, menjadi salah satu contoh ketimbang kita membeli yang baru, yang hanya menambah timbunan    sampah.
2. Reduce (mengurangi). Styrofoam (gabus), kantong plastik dan beberapa lainnya, sebaiknya kita hindari    danmengurangi penggunaannya. Karena barang-barang tersebut sulit untuk di daur ulang dan jikapun bisa akan    menghabiskan bahan bakar yang lebih banyak untuk mengolahnya.
3. Recycle (Mendaur Ulang). Seperti Judul artikel ini, daur ulang menjadi hal terbaik yang bisa kita lakukan dan    justru bisa menguntungkan kita menemukan inovasi baru, juga sebagai ladang bisnis yang menggiurkan untungnya.
4. Replace (Mengganti). Untuk mengurangi limbah plastik dan barang-barangyang sulit di recycle dengan barang yang    lebih aman lingkungan. Seperti mengganti kantong plastik dengan tas belanjaan terbuat dari kain ataupun    mengganti tempat makanan styrofoam dengan tempat makanan dari mika.
   Semoga Tuhan memberkati , Salam  Tarakanita  Satu Hati Satu Semangat Tarakanita yess.





Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :